Tepung Terigu Itu Terbuat dari Apa?


Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti pernah ketemu sama makanan yang punya bahan makanan dari tepung terigu. Mulai dari kue, donat, roti, mie, risol, gorengan, dan masih banyak banget kalo disebut di sini. Tapi pernah gak sih kepikiran sama kamu, “Tepung Terigu Itu Terbuat dari Apa?”
Kamu juga pasti bisa bayangin kan, kalo tepung-tepung lain. Misal kayak tepung beras, ya berarti dibuatnya dari beras. Tepung tapioka, ya dibuatnya dari tapioka. Nah, terus Tepung Terigu Itu Terbuat dari Apa? Dari Terigu? Hahahaha

Buat yang udah tahu, pasti baca artikel ini remeh banget, `kan? “Ah, urusan tepung aja dipikirin.” Tapi buat yang belum tahu, kamu jangan minder. Namanya juga Tadinya Norak, di sini tempatnya kamu bebas bernorak ria. Gak ada yang salah kalo kamu belum tahu hal yang udah lumrah.

Nah tepung terigu itu terbuat dari biji gandum. “Emang di Indonesia ada gandum? Bukannya Indonesia biangnya beras.” Eits, jangan salah. Meski makanan pokok orang Indonesia itu beras, tapi bukan berarti ladang gandum tidak ada. Coba kamu tengok daerah Tosari, Pasuruan, di Jawa Timur. Di sana ada ladang gandum yang bahkan sampai dijadikan tempat wisata. “Noraknya orang Indonesia, jarang liat gandum sampe dijadiin tempat wisata.” Hehe, bercanda. Jangan ngegas, ini bukan tanjakan.


“Terus kok bisa dinamain tepung terigu? Bukannya tepung gandum?” Ya kedua tepung itu berbeda. Tepung terigu itu tepung yang diperoleh dari penghancuran biji gandum sampai halus. Sementara tepung gandum adalah tepung yang diperoleh dari penghancuran gandum seutuhnya. Ibarat beras, terigu dibuat dari biji berasnya saja. Tapi kalau tepung gandum, itu digiling sama gabah-gabahnya. Makanya tepung terigu sama tepung gandum warnanya bisa beda. Terigu warnanya putih, sedangkan tepung gandum warnanya coklat. Teksturnya juga beda, terigu halus, tepung gandum lebih kasar.


“Siapa yang namain jadi TERIGU?” Waduh, kalo orang pertama yang namain tepung itu dengan nama terigu, gak ada yang tahu. Pertanyaannya yang enggak-enggak aja. Tapi, kata terigu sendiri berasal dari Bahasa Portugis, yaitu trigo, yang artinya gandum. Pasti belajar kan sejarah kita dulu kalau Indonesia pernah dijajah oleh bangsa Portugis? Nah dari situ asal nama terigu.

Kita semua pasti gak asing sama tepung yang ini. Di dapur rumah Ibu kita juga pasti ada nih tepung. (Yang cuma ngekost, gak usah meriksa, itu bukan dapur kamu) Meskipun remeh, tapi seenggaknya pembahasan kita kali ini bisa membuka sedikit wawasan kita soal terigu. Tepung Terigu Itu Terbuat dari Apa, ladangnya ada di mana, sampai asal nama terigu itu sendiri. Nah kalo kamu punya pertanyaan Norak lainnya yang kamu takut tanya ke orang lain, tulis aja di kolom komentar. Kita bahas nanti. ^^

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »