Analog Yang Gerak Sendiri


Pernah gak sih ngalamin Analog Yang Gerak Sendiri? Pas lagi asik-asik main, tau-tau character yang lagi kita mainin gerak sendiri.

Halo semuanya. Kali ini Saya mau berbagi pengalaman baru lagi. Melanjutkan pengalaman saya yang ada hubungannya dengan memilih controller di postingan sebelumnya, kali ini controller Xbox One saya mulai bermasalah, yaitu Analog Yang Gerak Sendiri. Masalah seperti ini termasuk masalah yang wajar terjadi pada controller pada umumnya. Umumnya, penyakit Analog Yang Gerak Sendiri ini disebut dengan istilah Drifting.

Gimana gejalanya? Kalo analog kamu gerak sendiri ke satu arah tanpa kamu sentuh, ada kemungkinan controller kamu sudah terkena penyakit Drifting. Penyakit ini bukan karena faktor software atau driver, tapi memang kualitas dari hardware-nya sendiri sudah menurun. Jadi untuk mengatasinya, controller kamu harus dibedah dan diganti analognya dengan yang baru.

"Waduh, diservis ongkosnya berapa, ya?"
"Harga analognya mahal gak, ya?"
"Service di mana, ya?"
"Ganti sendiri aja, deh. Tapi gak punya solder."
"Gue punya solder, tapi gue gak bisa nyolder."

Pasti kalimat-kalimat itu bakal mulai muncul di otak ketika tahu controller kamu bermasalah. Untuk analognya sendiri harus disesuaikan dengan analog controller kamu sendiri. Jangan sampe kamu beli analog untuk PS3, tapi kamu pakai di Xbox One atau PS4. Kualitasnya juga mempengaruhi, ada Original dan KW. Salah-salah kamu nanti menyesal setelah ganti analog.

Dari sisi harga juga bervariasi. Untuk Xbox One misalnya, harganya di kisaran Rp25.000 sampai Rp100.000. Mahal, ya? Tapi tidak usah khawatir. Semua kekhawatiran kamu bisa dibuang jauh-jauh. Karena kali ini, saya akan membagi tips memperbaiki Analog Yang Gerak Sendiri tanpa harus ganti baru, tanpa solder. Hanya modal nekat. Hahahaha.

Yang kamu butuhkan adalah sebagai berikut:
1. Obeng lengkap,
2. Pinset,
3. Controller yang bermasalah, dan
4. Tentu saja tekad sekuat baja.

Karena kali saya menggunakan controller Xbox One, jadi tutorial kali ini kita aplikasikan pada controller Xbox One. Tapi sebelumnya perlu diingat, pembedahan ini memiliki risiko dan segala kegagalan ditanggung oleh masing-masing pribadi.


  1. Langkah yang pertama, buka dulu semua baut yang mengunci case controller kamu.
  2. Lepaskan casing depan.
  3. Copot casing kepala dan tombol bumpernya.
  4. Buka baut yang mengunci pcb pada casing tulang.
  5. Lepas PCB analog dengan hati-hati. Perhatikan konektor yang menghubungkan PCB analog dan PCB utama.
  6. Putar balik PCB analog. Perhatikan kabel di samping jangan sampai putus tertarik.
  7. Pilih sensor analog yang bermasalah. Kalau suka gerak sendiri ke kanan atau kiri, berarti sensor X yang bermasalah. Kalau gerak sendiri ke atas atau bawah, berarti sensor Y yang bermasalah. Lalu buka tempurungnya menggunakan obeng minus.
  8. Ambil piringan sensor yang ada di dalamnya menggunakan pinset.
  9. Perhatikan wujud dari lekukan piringan sensor tersebut. Bentuklah supaya sejajar rapi di tengah menggunakan ujung obeng minus yang kecil.
  10. Jika sudah rapi, pasang kembali dengan hati-hati ke dalam tempurung sensornya dengan pinset. Jangan sampai piringan sensor yang sudah dirapikan jadi tertekuk ketika dimasukkan ke dalam tempurungnya.
  11. Jika sudah, tutup kembali tempurungnya.
  12. Pasang sambungkan kembali PCB analog dengan PCB utamanya. Dan sekali lagi, perhatikan konektornya.
  13. Pasang PCB pada casing tulang dan kunci dengan bautnya.
  14. Pasang casing kepalanya dari bawah, lalu perhatikan batangan bumper agar masuk ke dalam.
  15. Pasang casing depan dan kunci dengan bautnya seperti waktu kamu membukanya.
Nah pembedahan controller-nya sekarang sudah selesai. Tapi untuk memaksimalkan keakuratannya, saya anjurkan untuk mengkalibrasikan controller-nya terlebih dahulu.

Jika sudah, silakan test analog kamu. Apakah masih nge-drift? Saya sendiri sudah mengulangi pembedahan ini dua kali dan keduanya berhasil. Tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun, Analog Yang Bergerak Sendiri pun bisa kembali normal. Kalau kalian khawatir, lebih baik serahkan pada orang yang lebih telaten untuk membongkarnya. Sekali lagi, pembedahan ini memiliki risiko dan segala kegagalan ditanggung oleh masing-masing pribadi.

Kalo mau disolder sendiri gimana? Nanti, kalau analog saya sudah tidak manjur diperbaiki sendiri, baru kita ganti pakai yang baru. Dan sambil menunggu saat-saat itu terjadi, apa kamu punya tips lain untuk memperbaiki Analog Yang Gerak Sendiri? Coret-coret di kolom komentar, ya!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments