Gambar di Monitor Tidak Muncul

"Loh kok ini Gambar di Monitor Tidak Muncul? Adapternya yang jelek? Monitornya yang rusak? Atau Graphic Card-nya nih yang cacat pabrik?"


Itu dia pikiran saya waktu pertama kali menyalakan PC pake kartu grafis baru. Cieee. Jadi ceritanya saya baru kesampaian buat updgrade kartu grafis. Sebelumnya, saya pakai R7 360 yang dicolok ke dua monitor: satu lewat HDMI, satu lagi cuma support VGA. Nah karena di kartu grafis itu gak ada output VGA, jadi untuk monitor VGA ini saya pake adapter DVI-I to VGA kayak gambar di bawah ini. Semua berjalan lancar selama 3 tahun ini. Sampai akhirnya saya ganti kartu grafis.

Untuk kartu grafis penggantinya, saya pilih RX 580 dari MSI. Sudah pasti tidak ada output VGA juga karena VGA output itu sudah juadul abis, sekarang kan sudah eranya digital. Tapi eh tapi, itu kartu grafis juga gak punya output DVI-I, adanya DVI-D. Nah loh. Adapter yang saya punya kan DVI-I, bukan DVI-D. Port DVI-D itu bentuknya kayak gambar di bawah ini.

Tanpa punya ilmu soal dua port itu, saya beli lah adapter DVI-D to VGA, murah banget, cuma Rp 8.000 saya nemu di Tokped. Saya tes, tapi Gambar di Monitor Tidak Muncul. Saya mulai berasumsi kalau adapternya jelek, soalnya harganya juga lebih murah dari makan di warteg. Hahaha. Saya berangkat deh ke toko komputer terdekat dan beli adapter yang sama, tapi harga agak lebih mahal di situ. Setelah dites, hasilnya tetep sama, Gambar di Monitor Tidak Muncul. Dari situ saya mulai berasumsi, apa monitornya yang rusak? Atau kartu grafis yang baru saya beli ini cacat pabrik? Saya coba tes cabut monitor utama dan menjadikan monitor VGA ini sebagai monitor utama. Tapi tetap Gambar di Monitor Tidak Muncul.

Mulai deh saya cari informasi di Google. Dan ternyata betapa noraknya saya ini. Hahaha. Port DVI-I dan DVI-D berbeda bentuk bukan tanpa alasan. Kalo kita perhatikan wujud kedua port tersebut, hanya berbeda pada bentuk plus dan minus juga 4 pin tambahan pada DVI-I. 4 pin tambahan itu ternyata punya faktor pembeda yang besar.

DVI-I (Digital Video Interface - INTEGRATED) bisa menstransfer baik sinyal digital ke monitor digital atau sinyal analog ke monitor analog. Jadi di kartu grafis saya sebelumnya, R7 360, sinyal yang keluar dari kartu grafis adalah sinyal analog dan ditransfer ke monitor yang juga punya input analog, sehingga layarnya memunculkan gambar.

Sedangkan DVI-D (Digital Video Interface - DIGITAL) hanya bisa menstransfer sinyal digital ke monitor digital, tidak bisa ke monitor analog. Sinyal yang dikeluarkan dari kartu grafis RX 580 berupa sinyal digital dan ditransfer ke monitor yang hanya bisa menerima sinyal analog, makanya Gambar di Monitor Tidak Muncul.

Nah, muncul pertanyaan:

"Terus bisa tidak monitor analog memunculkan gambar dari sinyal digital?"


Bisa. Adapter DVI-D yang saya beli itu sama sekali tidak berguna. Saya butuh adapter aktif untuk mewujudkannya. Adapter tersebut harus memiliki pengubah sinyal. Dan setelah cari sana-sini, ternyata adapter DVI-D to VGA yang harus saya pakai itu yang seperti ini.

Harganya jauh lebih mahal ketimbang adapter pasif seperti sebelumnya. Tapi cara kerjanya berbeda. Setelah dicoba, monitor VGA saya pun yang tadinya tidak menampilkan gambar, sekarang sudah bisa berfungsi dengan baik seperti seharusnya.

Nah buat kalian yang bingung kenapa Gambar di Monitor Tidak Muncul setelah ganti kartu grafis, coba cek adapternya. Bisa jadi kasusnya sama seperti saya dan beberapa pengguna lain yang juga kebetulan mengalami masalah yang sama. Jangan sampai keluar uang buat beli ini itu tanpa tahu apa masalah sebenarnya, kayak saya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

comments
April 26, 2020 at 9:56 PM delete

Saya punya problem yang sama seperti diatas, berarti solusi untuk saya
Hanya beli Converter DVI-D to VGA (female) benar begitu?

Reply
avatar
April 26, 2020 at 11:27 PM delete

Betul. Tapi belinya converter aktif ya. Yang ada kabelnya kayak adapter hitam yang di atas. Kalo adapter pasif (yang pendek), itu gak bakal muncul gambar.

Reply
avatar