Perpanjang STNK 5 Tahunan

Udah waktunya plat nomor diganti tapi gak tahu gimana caranya? Haha, sama. Ini kegalauan yang saya rasain waktu mau perpanjang STNK 5 tahunan. Saya gak ngerti apa-apa, mau ngecalo juga duit pas-pasan bakal bekel hidup (masa aktif STNK kebetulan abis tanggal 24, lagi tanggal tua). Dengan bermodal nekat dan pengawalan dari temen yang sama-sama penasaran kayak apa prosedurnya, kami pun berangkat ke Samsat. (Karena saya tinggal di Bekasi, jadi prosedur yang bakal saya kasih ini sesuai dari daerah Bekasi di bulan November 2015, ya. Beda tempat dan waktu, mungkin juga bisa berbeda prosedurnya. Setidaknya, gambarannya seperti yang bakal saya jabarin ini).

Pertama, berangkat dulu ke Samsat Bekasi, alamatnya ini: “Jalan.Jenderal Ahmad  Yani No.7, Bekasi.” Kalo diliat dari google map, ada di sini (depan Gor Bekasi).



Karena kita akan menjabarkan prosedurnya, jadi kita butuh denah samsatnya supaya lebih mudah. Kurang lebih denah Samsat Bekasi itu seperti ini. Perhatikan saja bagian yang saya warnai dan beri angka ya, sisanya abaikan.







  1. Begitu masuk Samsat, jangan langsung diparkir, tapi langsung bawa ke lapangan belakang gedung samsat untuk uji cek fisik (cek nomor mesin juga nomor rangka). Begitu saya mau parkirin motor saya di area cek fisik ini, petugasnya langsung cekatan memandu harus parkir di mana dan langsung gerak cepat melakukan tugasnya. Pas beres, petugas akan memberi kertas hasil cek fisiknya. Gak pake bayar, alias GRATIS.
  2. Setelah kertas hasil cek fisik Anda dapatkan, bawa motor ke area parkir (jangan ditinggal di area cek fisik). Parkirlah di tempat yang tidak jauh dari area cek fisik tersebut, soalnya nanti Anda bakal balik lagi ke area itu.
  3. Datang ke loket cek fisik, minta formulir untuk berkas cek fisik. Seperti gambar di samping.

    Isi sesuai data Anda. (Saya waktu itu hanya diwajibkan mengisi bagian Identitas Pemilik dan Identitas Kendaraan saja). Sertakan juga STNK asli dan KTP asli berikut foto copy STNK dan KTP. (Saran saya, bawa stepler dan pulpen dari rumah biar gak minjem sana-sini). Kalau sudah, kumpulkan berkas-berkas tadi ke loket yang sama dan tunggu nama dipanggil untuk mendapatkan stempel tanda berkas yang diajukan siap untuk diproses lebih lanjut. Kalau sudah, langsung berangkat masuk ke dalam gedung.
  4. Di meja informasi, mintalah formulir pada petugas di meja tersebut. Isi formulir seperti saat kita mau memperpanjang STNK tiap tahun (CEK PROGRESIF).
  5. Jika formulir cek progresif sudah diisi, sertakan STNK asli dan KTP asli berikut foto copy STNK dan KTP. Kumpulkan di loket cek progresif, sesuai denah nomor 5 yang saya buat, untuk pemeriksaan apakah berkas yang Anda ajukan sudah sesuai syarat atau belum (Ingat, hanya Formulir Cek Progresif, STNK asli, KTP asli, fotocopy STNK dan fotocopy KTP. Berkas selain itu JANGAN ikut disertakan). Tunggu nama Anda dipanggil untuk pengembalian berkas, nanti dapat cap lagi tanda berkas Anda sudah boleh diproses lebih lanjut. Kemudian, berkas-berkas CEK FISIK dan CEK PROGRESIF Anda satukan saja, di-stepler jadi satu semua. Lalu berangkat ke lantai 2.
  6. Serahkan berkas-berkas CEK FISIK dan CEK PROGRESIF Anda tadi di loket sesuai dengan denah nomor 6. Serahkan berkas, tapi JANGAN DITINGGAL, nanti diomelin. Hehehe. (Tahun sebelumnya, saya biasa meninggalkan berkasnya, nanti dipanggil. Tapi tahun ini beda. Begitu diserahkan, langsung dilayani.) Setelah berkas dianggap memenuhi persyaratan, Anda akan dimintai menunjukkan BPKB sebagai bukti kalau berkas itu memang bukan motor bodong. Setelah itu, Anda akan diberi lembaran kecil, Tanda Terima, untuk Anda tunjukkan ke loket pembayaran nanti. Kalau sudah dapat Tanda Terima itu, silakan Anda duduk aja dulu (di sana ada banyak bangku dan adem karena ada AC-nya).
  7. Pasang telinga Anda baik-baik. Jangan sampai terlewat, karena di ruangan ini bisa ada 2 speaker yang sama-sama memanggil nama orang. Jika nama Anda terpanggil, segera ke loket pembayaran di denah nomor 7. Bayar sesuai yang diwajibkan kepada Anda (biasanya yang tugas di loket ini polwannya cantik-cantik lho. Hihihihi)
  8. Karena pembahasan kita kali ini adalah Perpanjang 5 Tahunan, jadi pengambilan STNK baru Anda akan berada di lantai satu, belakang gedung, dekat dengan area Cek Fisik. (kalau cuma perpanjangan tiap tahun seperti biasa, STNK akan diserahkan di loket sebelah loket pembayaran, yang saya warnain BIRU itu.) Jadi Anda harus kembali ke lantai 1, ke belakang gedung. Tunggu saja nama Anda dipanggil, nanti STNK-nya akan diberikan oleh petugas di loket itu. (jendela loketnya ada di luar gedung ya, bukan di dalam gedung). Dan ingat sekali lagi, PASANG TELINGA BAIK BAIK.
  9. STNK sudah di tangan, terus mana plat nomor barunya? Anda tinggal membawa STNK itu ke loket yang berada tepat di depan loket pengambilan STNK. Serahkan STNK, tunggu nama dipanggil, nanti petugas akan mengembalikan STNK Anda berikut plat nomor yang baru. Hati-hati dengan catnya, ya. Kadang suka masih basah.Saya sarankan Anda membawa kantong plastik untuk membawa plat nomor itu. Nah STNK baru, Plat Nomor baru, tinggal balik ke parkiran, bawa motor, terus pulang deh ^_^
  10. Begitulah prosedur perpanjang STNK 5 Tahunan yang saya alami. Dimulai sekitar pukul 9:30, selesai sekitar waktu Dzuhur. Banyak selogan-selogan di kantor Samsat untuk tidak memakai jasa Calo, uruslah sendiri. Mengurusnya sih gak ribet-ribet amat. Cuma Cek Fisik sama Cek Progresif, terus bayar, dan ambil STNK dan Plat Nomor. Cuma begitu aja kok. Itung-itung belajar biar gak NORAK lagi nanti kalau mau ganti plat. Atau mungkin ada yang mau jadikan saya calo mengurusi perpanjang plat orang lain? Hahaha. Karena mau itu mengurus sendiri pun, tetep aja kalo gak dikasih izin buat cuti sama atasan di kantor, ya ujung-ujungnya pasti pake jasa Calo juga, `kan? Dan yang perlu Anda ingat: SEMUA PROSES DI ATAS BEBAS PUNGUTAN APA PUN. Saya tidak pernah diminta bayar sepeser pun oleh para petugas SELAIN SAAT DI LOKET PEMBAYARAN. Jadi kalo ada yang pungli, laporin aja, jangan takut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »