Memasang Kabel Front Panel Pada Motherboard


Memasang Kabel Front Panel Pada Motherboard itu memang suatu hal sepele bagi mereka yang sudah paham soal komputer. Tapi bagi orang awam seperti saya yang notabene adalah sebagai pengguna saja, mengenal kabel-kabel yang ada di dalam komputer itu membingungkan. Apa lagi ketika seperti baru-baru ini saat saya harus membongkar Front Panel untuk membersihkan dual kipas di dalam yang sudah sangat berdebu. Mau tidak mau, jika saya ingin membersihkannya, saya harus mencopot kabel front panel yang menancap pada motherboard. Mencopot kabelnya sih semua orang pasti bisa, tapi jika memasangnya kembali dengan benar apa semua orang bisa? Bisa saja kalau mau mencari tahu. Haha (Jangan malas)


“Lantas apa saja yang harus saya perhatikan sebelum Memasang Kabel Front Panel Pada Motherboard?”
Kabel Front Panel umumnya terdiri dari kabel:
  • Power SW (untuk tombol power)
  • Reset SW (untuk tombol reset)
  • HDD LED (untuk lampu indikator hard drive)
  • Power LED (untuk lampu indikator power)
“Terus di mana kita harus mencolokkan kabel front panel ini?”
Kita bisa lihat pada buku manual bawaan motherboardnya. Jika tidak ada buku manualnya. Bisa kita cari langsung tulisan “FP”, atau “Front Panel”, atau “F Panel”, “Panel 1”, dan semacamnya pada motherboard. Seperti yang dicontohkan gambar-gambar berikut:

“Nah urutan pemasangannya gimana?”
Sebenarnya ada di buku manual masing-masing motherboard (masing-masing motherboard punya letak yang berbeda, tapi belakangan hampir semua tata letaknya sama sekarang) atau di bagian motherboardnya sendiri sudah diberi tulisan keterangan posisinya seperti pada gambar Contoh 2 di atas. Kalo buku manualnya tidak ada, bisa kita download di situs pembuat motherboard itu (MSI, Gigabyte, ASUS, dll) atau bisa juga kita jadikan gambar berikut sebagai patokan.

Letak masing-masing kabel bisa disesuaikan seperti gambar di atas. Untuk Power Switch dan Reset Switch bisa kita bolak-balik. Jadi nanti saat kita mau menghidupkan PC, tombol Reset yang akan berfungsi sebagai tombol Power, begitu juga sebaliknya.
“Kan di situ ada positif dan negatif. Gimana kita tahu mana kabel positif dan kabel negatif?”
Untuk menandakan mana kabel positif dan negatif, kita bisa bedakan dari WARNA kabel tersebut. Umumnya, kabel yang positif itu berwarna-warni, sementara kabel negatif warnanya kalo tidak putih ya hitam. Seperti gambar di samping ini.

“Kabel Front Panel saya tidak warna-warni. Gimana cara bedainnya kalau begitu?”
Kalau kabelnya tidak warna-warni atau bahkan benar-benar berwarna-warni sampai warna putih dan hitam tidak ada, kita bisa lihat bagian belakang dari plug-nya. Umumnya akan ada gambar panah seperti pada gambar berikut. Tanda panah itu menandakan kalau sisi kabel tersebut adalah sisi positif. Tanda panahnya seperti ini:


Nah, setelah tahu mana kabel positif dan negatif, kita bisa colokkan kabel front panel pada motherboard seperti gambar di atas. Perhatikan baik-baik mana kabel positif dan negatif, kalau tidak benar menempatkannya, PC jadi tidak bisa menyala.
Kurang lebih seperti itulah hal-hal yang saya pelajari ketika mau Memasang Kabel Front Panel Pada Motherboard. Berawal dari mau bersih-bersih PC dari debu yang sudah menghambat laju udara ke dalam PC, malah jadi nambah wawasan baru yang selama ini saya tidak tahu. Kebayang kan kalau saya minta bantuan orang lain, pasti repot lagi harus nyuruh orang ke rumah atau setiap mau membersihkan harus minta orang lain buat masangin kabelnya. Kalau sudah tahu, jadinya kita udah enggak NORAK lagi. Tadinya norak, terbitlah ngaga :v

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments